Entri yang Diunggulkan

Makalah kebersihan lingkungan

KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan makhluk yang serba indah. Dengan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat me...

Rabu, 09 Januari 2013

ASUHAN KEBIDANAN Ny “S” DENGAN CA.CERVIKS

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
           Dalam Sistem Kesehatan Nasional (SKN) dikemukakan bahwa tujuan kesehatan nasional adalah tercapainya kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan pembangunan nasional.
        Kanker leher rahim adalah suatu keganasan yang timbul dan berkembang dalam epitel serviks, dan ini merupakan tumor ganas gynekologik yang paling sering ditemukan dengan tumor ganas lainnya pada wanita.Kasus leher rahim ini ditemukan pada wanita yang berusia 31 – 60 tahun ( Prawirohardjo, 2001).
Menurut Herman susanto dalam pidato pengukuhan jembatan guru besar ilmu obstetri dan gynekologi. Universitas padjadjaran (UNPAD) bandung, sabtu(9/2), berdasarkan world cancer report dalam dekade mendatang akan terjadi kenaikan kasus kanker, yaitu sebanyak 50% pada tahun 2000 jumlahya 10 juta kasus dimana 4,7 juta penderitanya adalah wanita.tetapi pada tahun 2020 diperkirakan jumlah kasusnya menjadi 15 juta. Pada tahun 1992 di indonesia,kanker berada di urutan enam sebagai peyakit ganas yang mematikan.
Diantara penyakit-penyakit kanker, setiap tahunya muncul sekitar 500.000 kanker serviks baru didunia sebanyak 80 persen terjadi d negara berkembag dan 200.000 dantara penderita kanker serviks tersebut meninggal setiap tahunnya. (Verasuciati,2011)
Di indonesia sepanjang tahun 1988-1994 dari 10 jenis penyakit kanker,kanker serviks paling tinggi kasusnya, mencapai 26.200 kasus. Jenis kanker lainnya setelah kanker serviks adlah kanker payudara dll., dijawa barat berdasarkan data dari (RSHS) tahun 1987-1988 sebanyak 20.09 penderita kanker merupakan penderita kanker serviks.( Prof dr. Herman Susanto 2010).
Badan kesehatan dunia (WHO) mengatakan , saat ini penyakit kanker serviks menempati peringkat teratas diantara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada perempuan di dunia. Di indonesia,setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks.
Sekitar 8000 kasus diantaranya berakhir dengan kematian,menurut WHO indonesia merupakan jumlah penderita kanker serviks yang tertinggi di dunia.
DiRSHS jumlah pasien kanker serviks terus meningkat dari tahun ketahun.penderita yang berobat mencapai 400 orang pertahunnya. Kanker serviks disebabkan oleh hubungan seksual dini,partner seks lebih dari satu,infeksi virus piploma humanus (VPH) sosia ekonomi rendah, perokok, nutrisi buruk, berpasangan dengan lelaki yang beresiko tinggi dan terinfeksi HIV.( Prof.dr Harald zur hausen, 2010)
download KTI lengkap disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar