Entri yang Diunggulkan

Makalah kebersihan lingkungan

KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan makhluk yang serba indah. Dengan rahmat dan hidayah-Nya saya dapat me...

Rabu, 09 Januari 2013

A S U H A N K E B I D A N A N NY “ I ” D E N G A N PLASENTA PREVIA TOTALIS GESTASI

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perdarahan obstetrik yang terjadi pada kehamilan trimester ketiga dan yang terjadi setelah anak atau plasenta lahir pada umumnya adalah perdarahan yang berat, dan jika tidak mendapat penanganan yang cepat bisa mendatangkan syok yang fatal. Salah satu penyebabnya adalah plasenta previa. Oleh sebab itu, perlulah keadaan ini diantisipasi seawal – awalnya selagi perdarahan belum sampai ketahap yang membahayakan ibu dan janinnya. (Sarwono,edisi 04.2008)
Mortalitas dan morbilitas pada wanita wamil dan bersalin adalah masalah besar dinegara berkembang sekitar 25-50% kematian dengan kehamilan : WHO (world health organization) memperhatikan sekitar 650.000 ibu meninggal pertahunnya dimana 15% dari wanita hamil akan berkembang menjadi komplikasi yang berkaitan dengan kehamilannya serta dapat mengancam jiwa dan janin yang dilahirkan (Wekipedia 2011)
Angka kematian ibu diindonesia masih tergolong tinggi yaitu 224/100.000 persalinan hidup. Jika perkiraan persalinan diindonesia sebesar 500.000 orang, maka akan terdapat sekitar 19.500- 20.000 kematian ibu setiap tahunnya yang terjadi setiap 26-27 menit sekali. Dimana sekitar 3 -10 % disebabkan oleh kasus komplikasi obstetri seperti kasus berat perdarahan antepartum karena placenta previa atau karena solusio placenta, kepala janin dan ruang panggul yang tak seimbang, ruptur uteri serta malpresentase letak janin. (Akunidonesia 2011)
Perdarahan antepartum yang bersumber pada kelainan plecenta dan tidak terlampaui sulit untuk menentukannya adalah plecenta previa ditemukan kira – kira dengan frekwensi 0,4 - 0,6 % dari seluruh pasien.
Placenta previa didepenisikan sebagai suatu keadaan seluruh atau sebagian placenta berincersi diostrium uteri internum sehingga menutupi seluruh atau sebagian dari jalan lahir. Di amerika serikat plecenta previa terjadi sekitar 0,3% prevalensi plesenta previa dinegara indonesia dilaporkan oleh beberapa peneliti berkisar antara 2,4 – 3,56 % dari seluruh kehamilan. (Akunindonesia 2011)

Download KTI lengkap disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar